SIMPANG LIMO BENGKULU

AvatarTempat berbagi cerita tentang Bengkulu. Berharap menjadi salah satu sumber informasi mengenai daerah ini. Selamat membaca...

Bengkulu.....? ya gempa. Gempa ya...... Bengkulu

oleh: Sev Pascal

Hehe......judul postingan di atas agak sedikit memvonis memang, tapi tak apa lah orang aku cuma mau cerita sedikit mengenai gempa khususnya yang terjadi di Bengkulu ni.

Terkadang aku heran kenapa Tuhan membiarkan Bengkulu pada jalur gempa, tapi itulah faktanya. Di bengkulu ini kata gempa bukan lagi hal yang aneh karena memang Bengkulu ini sering dan terbiasa diguncang gempa. Dulu waktu tahun 2000 ketika itu pada malam hari sekitar pukul 23 lewat, Bengkulu berguncang dengan dahsyatnya, banyak sekali bangunan yang rontok, rumah dan gedung-gedung roboh, jalan-jalan banyak yang retak dan ketika itu Bengkulu lumpuh. Setelah gempa 2000 entah barapa ratus kali bumi Raflesia ni di guncang gempa namun intensitasnya tidak besar, tapi........pada tahun 2007 kembali gempa ganas mengguncang Bengkulu, Masya Allah bengkulu porak poranda terutama di wilayah Bengkulu Utara dan Muko-Muko. Banyak perumahan dan gedung-gedung yang hancur serta rata dengan tanah.

Aku cuma sedikit mengingatkan , sehubungan Bengkulu ni rawan gempa jadi kita harus selalu waspada terhadap musibah ini dan jangan terpancing isyu yang menyesatkan, jika masyarakat panik bahaya akibatnya, perekonomian dan aktifitas masyarakatpun bisa ikut lumpuh.... seperti isyu terakhir yang menyebutkan bahwa pada tanggal 23 Desember 2007 diramalkan akan terjadi gempa yang lebih dahsyat dari gempa tahun 2000.

Sebenarnya siapa si yang tahu dengan pasti? Siapa yang dapat meramalkan dengan yakin? Kenapa harus tangal 23 Desember, kenapa tidak tanggal 25 saja misalnya? Sebagai perbandingan, banyak negara maju seperti Amerika pernah dilanda gempa yang dahsyat dan Jepang yang sudah kita ketahui teknologinya yang sudah tergolong sangat modern begitu seringnya dilanda gempa yang memporak-porandakan bangunan dan fasilitas yang telah dibangun dan juga berapa banyak korban jiwa yang melayang akibat korban gempa di Jepang sana.

Sekarang aku mau tanya apakah di sana tidak punya alat pendeteksi gempa? Apakah mereka tidak punya professor paling botak yang dapat memperkirakan gempa? Kenapa disana masih juga terdapat korban jiwa yang tidak sedikit?

Sebenarnya intinya berpulang kepada kita dalam menaggapi isyu tersebut. Dan menurut hemat aku sebaiknya kita dapat menyikapinya dengan sikap yang bijak, tidak terbawa arus tetapi harus tetap selalu waspada.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, tetapi yang relevan dengan posting yang ingin Anda komentari. Jangan pernah menjadikan ruang komentar ini untuk beriklan.

 

Mailing List Blogger Bengkulu

Sebelum mendaftar, silahkan membaca dulu persyaratannya di sini.