SIMPANG LIMO BENGKULU

AvatarTempat berbagi cerita tentang Bengkulu. Berharap menjadi salah satu sumber informasi mengenai daerah ini. Selamat membaca...

Simpang Limo

oleh: Herman

Simpang Limo terdapat di tengah-tengah kota Bengkulu, ibukota Propinsi Bengkulu. Siapapun yang pernah tinggal di Bengkulu atau hanya sekedar mampir berkunjung ke Bengkulu, biasanya mengenal atau setidaknya pernah mendengar Simpang Limo ini. Pertama, jalan bernama jalan Suprapto. Sepanjang jalan ini merupakan pusat pertokoan, pusat ekonomi, sehingga layak disebut sebagai pusat kota Bengkulu itu sendiri.

Kedua, jalan Basuki Rahmad. Di ruasa jalan ini terdapat kantor Walikota dan Bank Pembangundan Daerah, DPRD Kota Bengkulu, serta beberapa kantor pemerintah lainnya.

Ketiga, jalan Soekarno-Hatta. Jalan ini mengabadikan sebuah rumah tempat tinggal Presiden Indonesia pertama, Soekarno, ketika Belanda membuangnya ke daerah ini pada masa penjajahan dulu. Sejak awal tahun 2000-an ini, ruas jalan Soekarno-Hatta dikembangkan sebagai pusat oleh-oleh khas Bengkulu. Kalau Anda ingin mencari oleh-oleh seperti makanan, kerajinan tangan, atau batik basurek khas Bengkulu, di sinilah tempatnya.

Keempat, Jalan Fatmawati. Jalan ini menuju Pantai Panjang, sebuah obyek wisata alam yang indah di Bengkulu. Hanya beberapa ratus meter dari Simpang Limo ini, terletak rumah Fatmawati, Ibu negara Indonesia, yang menikah dengan Presiden Soekarno ketika berada di Bengkulu. Rumah Fatmawati yang telah dipugar itu merupakan salah satu tempat kunjungan bagi wisatawan yang senang pada peninggalan sejarah, selain tentu saja rumah tempat tinggal Soekarno di jalan Soekarno-Hatta.

Kelima, jalan S. Parman. Jalan ini merupakan jalan utama menuju arah selatan Bengkulu. Di ruas jalan ini banyak terdapat kantor pemerintah seperti Kantor Pendidikan Nasional, RRI, Bank Mandiri, Bank BNI, dan beberapa lainnya.

Weblog ini mengambil nama Simpang Limo untuk lebih mengingatkan pembaca pada Kota Bengkulu. Harapannya, dari weblog ini Anda bisa mengenal Bengkulu, meski belum pernah mengunjunginya.

1 komentar:

Jumat, Agustus 09, 2013 10:30:00 AM Anonim mengatakan...

min, aq mnta tolong bgt, aq kn dri jawa blom lma pindah ke Bengkulu, jd msh org baru bgt,,, aq mnta tolong ajarin bahasa Bengkulu( Kota) donk...

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, tetapi yang relevan dengan posting yang ingin Anda komentari. Jangan pernah menjadikan ruang komentar ini untuk beriklan.

 

Mailing List Blogger Bengkulu

Sebelum mendaftar, silahkan membaca dulu persyaratannya di sini.