SIMPANG LIMO BENGKULU

AvatarTempat berbagi cerita tentang Bengkulu. Berharap menjadi salah satu sumber informasi mengenai daerah ini. Selamat membaca...

Kalau kentut, dicukik

oleh: Herman


SEKITAR tahun 1988, Bak (bapak) membawa kami pindah domisili ke Tanjung Jaya, sebuah desa yang terletak di pinggiran kota Bengkulu. Disini saya rasakan bahasa sehari-hari yang berbeda yang digunakan masyarakatnya jika dibandingkan dengan kebiasaan kami menggunakan bahasa campur-campur dari daerah Bengkulu bagian selatan. Sebelumnya, kami biasa menggunakan bahasa Alas/Talo, Manna, atau lebih sering bahasa Kaur. Di daerah Tanjung Jaya dan sekitarnya benar-benar memiliki bahasa yang sama sekali baru untuk kami saat itu. Yansen Toha, seorang dosen Universitas Bengkulu yang saat ini sedang menyelesaikan sekolah di Australia membuat saya mengetahui kalau ternyata daerah Tanjung Jaya, Tanjung Agung, Semarang, Surabaya, Dusun Besar, hingga desa Pekan Sabtu dan sekitarnya adalah daerah suku Lembak. Masyarakat di sini memiliki kebudayaan yang agak berbeda dengan suku-suku lain di propinsi Bengkulu.

Saat pindah sekolah ke sebuah SMP di daerah desa Semarang, baru beberapa hari di sana kakak saya membawa pulang sebuah pengalaman yang lucu. Ia ceritakan, di sekolahnya ada anak yang dicukik (Cukik: Jitak) beramai-ramai oleh teman-teman di sekelilingnya. "Kasihan sekali ia," pikir kakak saya. Anak-anak yang menghajarnya dengan buku jari tengah yang tulangnya begitu menyakitkan kepala itu baru berhenti setelah si anak bersiul. Kok bisa? Ternyata, anak yang dicukik itu tadinya kentut. Setelah ketahuan, teman-temannya men-cukik secara beramai-ramai.

Ada kebiasaan di sini, kalau ada yang kentut, maka ia akan dicukik. Rasanya tentu sakit sekali. Sejak tahu itu, saya berusaha untuk tidak ketahuan kalau sedang atau ingin kentut. Mungkin maksudnya berkaitan dengan sopan santun saja. Kentut di tengah-tengah orang banyak tentulah tidak sopan. Entah itu menghasilkan bau yang tidak sedap ataupun suaranya yang tidak enak didengar sebab suara berasal dari "bagian bawah".

Saya tidak tahu apakah kebiasaan yang saya jumpai sekitar 20 tahun lalu itu masih ada atau tidak di masyarakat sini. Juga, apakah mencukik orang yang kentut berlaku untuk semua lapisan usia, ataukah di kalangan anak dan remaja saja. Saya tidak bisa membayangkan kalau orang-orang tua yang tengah berkumpul dalam satu hajatan, lalu salah seorang di antaranya kentut, dan akhirnya dicukik beramai-ramai oleh orang di sekelilingnya.

Baca selengkapnya....

Tari Penyambutan Suku Rejang

The traditional welcoming dance of Rejang Tribe

oleh: Tanah Rejang


Present to celebrate the Adipura arrival in Tempel Rejo Village, as border line Rejang-Lebong district and Kepahiang district. Photo by Arga 07-06-2008


Berikut rekaman tari penyambutan di even yang berbeda oleh sanggar Dulang Mas kabupaten Rejang-Lebong





Tari Penyambutan di Inspirasi Tari Kejai yang sakral dan Agung di Tanah Rejang


Tari Penyambutan adalah Tari Kreasi Baru yang diatur sedekat mungkin dengan Tari Kejai. Terinspirasi oleh tari Kejai karena Suku Rejang sendiri jaman dahulu tidak mempunyai Tari Penyambutan, di jaman dahulu penyambutan tamu dilakukan dengan upacara adat. Tari Kejai adalah tarian sakral dan agung, sehingga sangat pantas untuk di persembahkan untuk Penyambutan Tamu, seperti Pejabat Tinggi Negara, Menteri, Bupati yang berkunjung ke Tanah Rejang, atau pada even-even lain yang bersifat ceremonial, seperti pada acara penyambutan piala Adipura yang tiba di Kota Curup tanggal 7 juni lalu.


Jumlah Penari

Jumlah penari tidak dibatasi,sesuai dengan tempat,bisa putra bisa pula putri, bisa juga berpasangan. Di Rejang Lembak Tari Penyambutan disebut Tari Kurak, namun dalam pembahasan disepakati menggunakan Tari Penyambutan yang telah dibakukan.

Musik yang mengiringi Tari Penyambutan

Di inspirasi oleh tarian sakral dari Tanah Rejang, musik dan alat musik Tari Penyambutan memakai alat musik khas tradisional Suku Rejang, yaitu gong dan kalintang, yang dari jaman dahulu kala di pakai pada musik pengiring tarian sakral dan agung Suku Rejang yaitu Tari Kejai.
Pada umumnya dipakai irama lagu Lalan belek dan Tebo Kabeak.

Gerakan Sembah (Penghormatan):

1. Sembah Tari : Tangan diangkat diatas bahu
2. Sembah Tamu : Tangan diangkat diatas dada
3. Penyerah Siri setengah jongkok dan setengah berdiri pada saat berada diluar rumah
4. Khusus busana yang menyerahkan siri ( wanita ) mengenakan pakaian / baju kurung / renda penutup dada


Baca selengkapnya....

Pendaftaran Mailing List Blogger Bengkulu

Saat ini, ada banyak blog yang isinya bercerita tentang Bengkulu. Daftar yang ada di sidebar blog ini hanya beberapa diantaranya. Blog-blog itu menggunakan layanan blog engine gratisan seperti Multiply, blogger (blogspot), atau wordpress. Ada juga beberapa yang hosting sendiri. Blog-blog ini merupakan media informasi yang memiliki jangkauan yang lebih luas serta pembaca yang lebih beragam daripada media konvensional. Inilah alternatif sumber informasi bagi mereka yang ingin mengetahui kabar Bengkulu.

Blog Simpang mencoba memfasilitasi blogger Bengkulu untuk berbagi informasi dan berdiskusi dalam sebuah mailing list "Blogger Bengkulu". Selama ini, diantara blogger hanya saling merespon lewat lembar komentar pada setiap posting di blog lainnya. Atau, yang paling mudah adalah dengan menuliskan pesan di shoutbox yang terpasang di blog. Seringkali, ada banyak hal yang bisa didiskusikan secara lebih serius dan tentunya tidak cukup di dalam lembar komentar karena tentunya belum terbiasa. Atau lebih parahnya, ada komentar panjang lebar tentang sebuah posting di dalam shoutbox. Kenapa tidak mendiskusikannya dalam sebuah mailing list?

Jika Anda blogger asal Bengkulu dan tertarik untuk berdiskusi tentang Bengkulu, kami mengundang Anda untuk bergabung di dalam mailing list ini. Caranya dengan mengirim imel ke admin di simpanglimo@gmail.com. Atau Anda bisa mendaftar kesini. Karena mailing list ini bersifat tertutup, maka sebaiknya menggunakan cara pertama. Syaratnya sederhana, Anda harus memiliki sebuah blog, sebab karenanya Anda disebut sebagai "Blogger".

Baca selengkapnya....
 

Mailing List Blogger Bengkulu

Sebelum mendaftar, silahkan membaca dulu persyaratannya di sini.