SIMPANG LIMO BENGKULU

AvatarTempat berbagi cerita tentang Bengkulu. Berharap menjadi salah satu sumber informasi mengenai daerah ini. Selamat membaca...

Fort Marlborough

oleh: Herman


Fort Marlborough
atau Benteng Marlborough adalah bukti sejarah penjajahan Inggris di tanah Bengkulu pada abad ke-17. Saat itu orang Inggris menyebut daerah ini Bencoolen. Benteng yang terletak di bibir pantai Tapak Padri ini masih ada hingga sekarang. Namun, saat saya dan keluarga berkunjung ke sana pada Agustus 2006 lalu, kelihatan peninggalan sejarang satu ini kurang terawat. Rumput yang tinggi serta pohon di mulut gerbang dan tengah-tengah benteng yang tumbuh tanpa kontrol semakin menjadikan cagar budaya satu ini seperti tanpa pemilik. Foto di atas saya ambil dari website Indahnesia.


Update 29 Oktober 2007:

Benteng Marlborough sekarang sudah terlihat bersih dan semakin memiliki daya tarik bagi pengunjung. Rupanya, sejak 18 November 2006 lalu, bersama dengan tempat wisata lainnya di Bengkulu, telah menjadi sasaran program Revitalisasi Objek Wisata di Bengkulu. Hal ini disebutkan dalam sebuah batu prasasti yang berada di pintu bagian dalam benteng. Dari atas benteng terlihat pantai Tapak Padri yang semakin cantik yang juga salah satu sasaran revitalisasi tempat wisata.

1 komentar:

Jumat, September 07, 2007 12:53:00 PM presty larasati mengatakan...

wah wah... boleh juga gambar bentengnya..
lewat blog, pengen pamer dikit, aah... ada sedikit cerita yang lebih panjan tentang fort marlborough di blog-Q. yan tertarik bisa klik ke sini www.prestylarasati.wordpress.com/2007/07/17/fort-marlborough/

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, tetapi yang relevan dengan posting yang ingin Anda komentari. Jangan pernah menjadikan ruang komentar ini untuk beriklan.

 

Mailing List Blogger Bengkulu

Sebelum mendaftar, silahkan membaca dulu persyaratannya di sini.