SIMPANG LIMO BENGKULU

AvatarTempat berbagi cerita tentang Bengkulu. Berharap menjadi salah satu sumber informasi mengenai daerah ini. Selamat membaca...

Memulai Simpanglimo

oleh: Herman

Mengajak teman-teman, handai taulan, dan mereka yang belum dikenal untuk bergabung menulis di blog simpanglimo bukanlah hal mudah. Semula, saya memiliki inisiatif untuk membuat sebuah blog yang isinya mengenai Bengkulu, tempat kelahiran saya. Saya mengujungi beberapa blog yang isinya menceritakan daerah tertentu. Asia Belogging Network, sebuah blog yang mencoba menjadi penghubung blogger se-Asia adalah salah satu contoh. Dia menyediakan informasi tentang--salah satunya--kota tertentu. Di blog itu ada bagian sebelah kanan yang judulnya My City Blog. Tersebutlah di sana Yogyakarta, Bandung, Palembang, Bekasi, Denpasar, dan lainnya. Menurut saya, ini adalah media informasi alternatif yang bisa dimanfaatkan oleh semua orang. Juga merupakan sebuah media komunitas yang bisa berkembang dengan baik, sebab masyarakat setempat atau masyarakat terlibat adalah sumber informasinya.

Sebagai seorang blogger asal Bengkulu, saya berusaha mengajak teman-teman untuk membuat blog yang isinya mengenai Bengkulu. Saya coba dengan meninggalkan pesan di koran harian "Rakyat Bengkulu" dan juga ke mailing list yang saya ikuti. Beberapa teman meneruskan isi imel ke teman-teman mereka.

Adalah Henny Trianingsih Chandra, salah satu yang membaca pesan tersebut di Rakyat Bengkulu Online, dan kemudian berkirim imel ke saya menyatakan ketertarikannya. Henny adalah salah seorang mahasiswa sebuah universitas di Jember, Jawa Timur yang berasal dari Rejang. Henny menjanjikan memberikan tulisan tentang Bengkulu, terutama mengenai Rejang Lebong, tempat kelahirannya. Bahkan Henny mau belajar Blogging untuk menjadi salah satu pengelola blog Simpang Limo ini kelak. Kesibukannya dalam penelitan di laboratorium serta persiapan untuk menyelesaikan studi membuat Henny belum bisa banyak mengurusi blog ini. Namun, di luar dugaan saya, Henny ternyata telah meminta tulisan informasi dan juga tentang adat istiadat Rejang kepada Pemda Kabupaten Rejang--salah satu kabupaten di Propinsi Bengkulu. Terus terang, saya sangat kagum dengan kejelian Henny dalam memanfaatkan saluran informasi berharga mengenai Bengkulu.

Saya berharap, kelak blog ini akan betul-betul bisa menjadi salah satu sumber informasi mengenai Bengkulu, entah merupakan informasi terkini secara umum, berita komunitas, pengalaman pribadi, atau apapun mengenai Bengkulu dan orang Bengkulu di Perantauan. Oh ya, bagi Anda yang tertarik untuk menyumbangkan tulisan atau ingin menjadi kontributor, silahkan mengirimkan imel ke: simpanglimo@gmail.com

2 komentar:

Jumat, September 07, 2007 12:57:00 PM Anonim mengatakan...

wah...aku tertarik bgt ndftar jadi kontributor di sini. soale, ambo bangga nian jadi anak bengkulu!!!
oya, pengen bgt nyeritain penampilan bengkulu di Solo International Ethnic Music kkemaren!! keren bgt loh!! really proud of them!

Rabu, Desember 07, 2011 7:37:00 PM Hendri santoso mengatakan...

samo jg,ambo baru nemu iko lah blog anak2 bengkulu..

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, tetapi yang relevan dengan posting yang ingin Anda komentari. Jangan pernah menjadikan ruang komentar ini untuk beriklan.

 

Mailing List Blogger Bengkulu

Sebelum mendaftar, silahkan membaca dulu persyaratannya di sini.